Cara Memasukkan rel canonical Untuk WordPress Dan Blogspot

Untuk menghindari penilaian duplicate content dari satu blog atau dari satu website karena google meng-crawl keseluruhan isi blog sehingga seringkali satu artikel didapat dari alamat berbeda. Hal ini sebenarnya bisa disiasati dengan setingan file .htaccess dengan melarang crawler google mengindex sebuah directory tertentu. Tapi namanya manusia kadang lupa atau terlewat saat melakukan setingan file .htaccess ini. Apalagi ribet memang.

Nah salah satu solusinya adalah dengan menggunakan rel canonical, sehingga meski google menemukan lebih dari satu artikel sama tapi google akan menganggap bahwa yang mengandung rel canonical-lah yang alamat asli, sehingga akan terhindar dari tuduhan duplikat kontent.

Untuk memasang fungsi ini pada wordpress, caranya mudah bisa dengan plugin wordpress, tapi pemasangan ini sebenarnya sangat sederhana dan pemasangan plugin hanya sebuah pemborosan kurang efisien, semakin sedikit plugin akan semakin baik, tapi tentu dengan kemampuan seperti ber-plugin.
Lalu bagaimana caranya memasang rel canonical ini tanpa plugin?
Caranya cukup anda download file header.php dari template anda (saya anggap anda mudah melakukan ini). Setelah itu buka (sebaiknya dengan macromedia dreamweaver atau dengan notepad++) lalu tambahkan kode dibawah ini pada bagian sebelum kode </head>. Sebelum kode </head> biasanya ada kode <?php wp_head(); ?>, nah letakkan diatas kode <?php wp_head(); ?> itu. Dibawah ini kodenya:

31
32
33
<?php if(is_home() || is_single() || is_page()) : ?> 
    <link rel="canonical" href="<?php the_permalink() ?>">
<?php endif; ?>

Sehingga kodenya menjadi seperti dibawah ini:

31
32
33
34
35
   <?php if(is_home() || is_single() || is_page()) : ?> 
     <link rel="canonical" href="<?php the_permalink() ?>">
   <?php endif; ?> 
 <?php wp_head(); ?>    
</head>

Kalau sudah upload kembali ke direktori sebelumnya, tindas saja file yang lama. Sekarang buka halaman artikel blog anda dan lihat source kodenya, pasti akan mengandung rel canonical. Beres deh sekarang untuk blog dengan platform wordpress.
Sekarang bagaimana kalau memasang rel canonical untuk blogspot?
Sebenarnya perlukah? daripada berpikir perlu apa tidak perlu lebih baik dipasang saja kan untuk kebaikan juga, itung-itung belajar SEO agar maju. Pemasangannya juga cukup mudah tinggal menambahkan kode dibawah ini pada bagian Head (edit HTML), atau kalau bingung letakkan saja sebelum kode </head>. Ini kodenya:

101
<link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>

Sehingga kodenya menjadi seperti dibawah ini:

101
102
  <link expr:href='data:blog.url' rel='canonical'/>
</head>

Nah selamat mencoba.

4 comments:

  1. Terima kasih atas artikelnya.
    o iya selama saya jelajah mencari ilmu dengan blogwalking, menurut saya

    anda memiliki kelebihan tersendiri dari situs-situs lain dan jujur potensi

    anda juga sangat bagus, banyak juga ilmu yang saya pelajari disini jika ada

    waktu saya akan berkunjung lagi.

    ditunggu kunjungan baliknya :D


    #Semoga sehat selalu :D

    ReplyDelete
  2. Artikel nya sangat bagus sekali, namun saya ada pertanyaan sedikit ..Bagaimana jika lInk canonical ini dipasang di web selain blogspot dan wordpress ? misalnya website toko online yang berbasis PHP

    Terima kasih

    ReplyDelete